Apa Itu Search Engine Optimization (SEO)?

search engine optimization
Penjelasan lengkap pengertian, manfaat, faktor sukses, indikator keberhasilan tentang SEO.

Search Engine Optimization (SEO) adalah proses merencanakan struktur web, bahasa teks situs, dan user experience yang mengacu pada prinsip dan algoritma search engine untuk meningkatkan kulitas website dan jumlah pengunjung yang masuk ke dalam halaman website melalui hasil pencarian organik dari search engine.

Indikator SEO sudah berhasil berjalan dengan baik secara umum ada 3:

  • SEO yang mendatangkan kualitas lalu lintas yang bagus. Search engine dapat memposisikan website siapapun berada di halaman pertama search engine, tapi jika ternyata informasi yang didapatkan oleh user tidak sesuai dengan apa yang user cari, maka SEO tersebut belum berjalan dengan bagus.
  • SEO yang mendatangkan pengunjung dari hasil penelusuran organik, yaitu pengunjung yang masuk ke dalam halaman website melalui search engine, bukan dari iklan ataupun social media direct dan refferal.
  • SEO yang mendatangkan pengunjung sangat banyak dan berasal dari penelusuran organik.

SEO berlaku untuk seluruh aplikasi search engine, seperti Google, Yahoo!, Baidu dan inovasi search engine yang lainnya. Namun, dikarenakan jumlah pengguna search engine lebih dominan ke Google Search Engine, yaitu sekitar 77,3% dari total pengguna search engine, maka tak jarang teknik SEO lebih dikenal dengan optimasi pada Google Search Engine.

Teknik SEO

Dalam upaya membuat website menjadi lebih optimal, SEO memiliki 2 teknik yang sangat berbeda, 2 teknik tersebut disebut dengan teknk black hat SEO dan white hat SEO. Secara umum, kedua perbedaan antara black hat SEO dan white hat SEO adalah terletak pada bagaimana cara mereka mengoptimalkan website sesuai peraturan search engine.


Black Hat SEO adalah teknik optimalisasi website tanpa melihat peraturan yang sudah ditentukan oleh search engine, yaitu:

  • Membuat halaman doorway. Halaman doorway adalah halaman yang berisi sangat banyak kata kunci target namun tidak memiliki informasi apapun. Ketika halaman tautan di dalam kata kunci tersebut di-klik, maka user tidak akan mendapatkan informasi apapun.
  • Cloacking, yaitu membuat sebuah kode program atau script yang akan menampilkan suatu halaman pada search engine dengan permalink URL yang dianggap sebagai URL yang optimal. Namun, jika URL tersebut dikunjungi, maka user akan mengunjungi halaman website yang berbeda.
  • Hidden text, yaitu menaruh seluruh kata kunci sebanyak-banyaknya di dalam suatu halaman website dengan warna yang tidak terlihat oleh user. Harapan dari pembuatan hidden text ini adalah untuk menipu Googlebot, sehingga Googlebot menganggap situs tersebut kaya kata kunci yang diharapkan oleh user.


White Hat SEO adalah teknik optimalisasi website yang sangat patuh terhadap peraturan yang sudah ditentukan oleh search engine. Secara umum, teknik white hat SEO dilakukan dengan beberapa cara berikut:

  • Membuat konten yang berkualitas.
  • Research kata kunci dan menggunakannya dengan sangat efektif.
  • Membuat relevant link di dalam kata kunci. Relevant link adalah menyisipkan pada kata kunci yang memiliki informasi sesuai dengan harapan user.
  • Membuat tautan internal, yaitu menyisipkan tautan yang masuk ke dalam halaman website sendiri di dalam kata kunci yang sudah ditargetkan.

Apa Pentingnya SEO?

Teknik SEO dibutuhkan bagi seluruh pengembang aplikasi berbasis website dan mobile untuk memperkenalkan aplikasinya kepada seluruh masyarakat di dunia maya tanpa harus mengeluarkan biaya yang terlalu mahal. Berikut adalah alasan lain kenapa harus menerapkan teknik SEO pada sistem informasi dan aplikasi berbasis website dan mobile:

1. Meningkatkan user experience dan struktur pengembangan sistem informasi berbasis website dan mobile yang baik.

Karena, selain SEO berguna untuk mengoptimalkan website agar memiliki ranking tinggi dan masuk ke dalam halaman 1 search engine, SEO juga akan berdampak pada pengalaman baik kepada setiap user yang masuk ke dalam halaman website dengan cara menampilkan desain yang responsive/mobile-friendly, dan menyajikan informasi dengan tingkat kecepatan loading situs yang cepat.

2. Membantu masyarakat menemukan sistem informasi website dan mobile lebih cepat.

Search engine adalah salah satu alternatif memperkenalkan website kepada orang lain tanpa memakan biaya periklanan yang terlalu mahal. Website akan lebih mudah dicari jika teknik SEO yang diterapkan berjalan dengan baik. Karena, ada sekitar 3,5 miliar per hari pengguna internet di seluruh dunia mencari informasi melalui search engine, terutama Google.

3. SEO adalah investasi dengan tingkat pengembalian yang tinggi.

Menggunakan teknik SEO, sebuah perusahaan dan instansi dapat meningkatkan jumlah pengunjung lebih banyak dalam jangka waktu yang panjang serta dapat mengamati trends yang sedang terjadi secara global.

4. Meningkatkan reputasi brand.

Karena user akan memiliki asumsi sistem informasi website yang selalu berada di rangking yang tinggi adalah sistem yang dimiliki oleh brand yang bagus.


Apa Itu Search Engine Optimization (SEO)? Apa Itu Search Engine Optimization (SEO)? Reviewed by Rendy Andriyanto on October 25, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.