Wednesday, April 5, 2017


Dalam pembuatan blog, baik itu untuk diri pribadi maupun untuk instansi dan perusahaan. Mengatur agar blog menjadi lebih SEO Friendly adalah salah satu hal terpenting sebelum memulai melakukan rutinitas posting. Karena sejatinya, SEO (Search Engine Optimization) merupakan salah satu unsur penting agar blog menjadi lebih dikenal, ramah mesin pencari, dan bisa mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Meskipun tanpa memperhatikan SEO dari sebuah blog sudah bisa terkenal, tapi dengan menggunakan SEO setidaknya ada boost yang membuat blog kita menjadi lebih cepat merangkak naik di halaman pertama mesin pencari Google.

Terutama beberapa blog yang harus sangat memperhatikan SEO adalah blog dengan kategori e-commerce, instansi, sekolah, perusahaan, dan situs tutorial. Akan tetapi, pentingnya kebutuhan SEO menjadikan beberapa blog dengan kategori kesehatan, agama, pelajaran sekolah, mereka turut ikut serta turun mempraktikkan tutorial SEO yang sekarang ini sudah beredar luas di internet.

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam mengatur agar blog menjadi lebih SEO Friendly. Hal-hal tersebut tidak bisa kita fokuskan pada salah satunya saja, karena SEO merupakan kesinambungan dari beberaap faktor. Maka dari itu, baiknya kita untuk memperhatikan semuanya, meskipun impact factor yang terjadi ketika kita hendak melakukan salah satu tutorial berikut ini tidak terlalu besar.

Mengatur Blog Baru Dibuat Agar Lebih SEO



#1 Mengatur Deskripsi Blog


Deskripsi blog menurut Saya adalah hal yang sangat penting, meskipun pada bagian judul dan url kita sudah sesuai dengan topik isi di dalam blog, mengatur deskripsi juga sangat penting untuk memberitahukan kepada pengunjung serta perayap mesin pencari Google bahwa anda memiliki blog A dengan deskripsi Blablabla.

Oleh sebab itu, blog yang memiliki judul dan url yang tidak sesuai dengan tema pembahasan, seperti blog dengan nama"i-tkj" haruslah membubuhi deskripsi bahwa sebenarnya blog tersebut membahas "ilmu teknik komputer dan jaringan". Contoh saja.

Pengaturan tersebut bisa anda lakukan melalui menu setting yang terdapat pada dashboard blogger.com.


#2 Membuat Meta Tags SEO Blog


Mengatur meta tags pada blog adalah salah satu upaya meningkatkan SEO dari suatu blog. Meta description memiliki fungsi untuk menampilkan listing kategori pada blog agar lebih ramah terhadap mesin pencari Google dan ramah pengunjung (user experience lebih diutamakan).

Simpelnya, meta tags adalah tanda pengenal di dalam blog kita sehingga lebih mudah dikenali oleh mesin pencari Google.

Contoh nyatanya seperti ini.

Anda itu orang, tapi anda ngga punya nama, umur, tinggi badan, dan lain-lainnya. Gimana dong caranya lawan komunikasi Anda mengenali Anda? Sulit, kan? tentu.

Meta Tags yang sudah digunakan oleh satu blog milik Saya adalah seperti berikut.

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
    <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
    <title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
    <b:else/>
    <title><data:blog.pageTitle/> | DESKRIPSI BLOG ANDA </title>
    </b:if>
    <b:else/>
    <title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
    </b:if>

<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
    <meta content='DESKRIPSI BLOG ANDA' name='description'/>
    <meta content='KEYWORD BLOG ANDA' name='keywords'/>
    <meta content='NAMA AUTHOR' name='Author'/>
    <meta content='general' name='rating'/>
    <meta content='all' name='robots'/>
    <meta content='index, follow' name='robots'/>
    <meta content='id' name='geo.country'/>
    <meta content='1 days' name='revisit-after'/>
    <meta content='Indonesia' name='geo.placename'/>
</b:if>
Silahkan pasang kode tersebut di atas, tepat di bawah kode <head> yang ada pada template blog Anda dan rubah pada tulisan berwarna merah tersebut sesuai dengan blog milik Anda.

#3 Load Time / Response Time Blog


Load time atau waktu response sebuah blog ketika baru dibuka oleh user memiliki pengukuran yang dapat berdampak pada score SEO. "Semakin cepat loading blog, semakin baik".

Maka dari itu, pemilihan template yang tepat sangat memiliki pengaruh yang besar.

Dan juga, pemilihan kualitas foto atau gambar yang diunggah ke dalam setiap halaman blog diusahakan jangan terlalu besar, agar loading blog tidak terlalu berat.

#4 Template Responsive / Mobile Friendly


Faktor keempat yang perlu diperhatikan adalah template wajib responsive. Responsive ini artinya ketika user membuka halaman blog dengan menggunakan mobile, maka tulisan dan gambar yang muncul akan secara otomatis mengikuti ukuran gadget yang digunakan. Sehingga tidak merepotkan para pengunjung.

Di Blogspot sendiri, Google sudah menyediakan berbagai macam template yang bisa langsung anda gunakan.

Selanjutnya, jika blog Anda sudah diatur menjadi lebih SEO Friendly. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mulai rutin pembuatan konten blog yang SEO Friendly menggunakan beberapa teknik jitu.

Rendy Andriyanto . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates