Wednesday, March 8, 2017

Cara Membuat Email Baru di Gmail - Email merupakan satu peralatan yang sangat dibutuhkan. Tanpa menggunakan email, seluruh kegiatan blogging akan terhambat, bahkan tidak akan jalan sama sekali. Dalam hal ini, email yang paling sering digunakan adalah email yang berasal dari raksasa mesin pencari dunia maya, siapa lagi kalau bukan Google, yaitu Gmail (Google Mail).

Alasan penggunaan email dengan menggunakan Gmail sudah sangat jelas dikarenakan fitur yang ditawarkan oleh si Mbah Google ini sangat banyak, dan tentunya fitur tersebut sangat mempengaruhi kelancaran blogging. “Dalam hal ini bukan berarti Saya sedang membedakan penyedia jasa email Google dengan penyedia jasa email yang lain”. Tentunya, semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dan Google-lah yang Saya pilih.

Cara Membuat Email Baru di Gmail



Baiklah, berikut ini merupakan tutorial simple, mudah dan gratis untuk cara membuat email dengan Gmail:

1. Pastikan device yang Anda gunakan terhubung dengan koneksi internet, baik komputer, laptop maupun smartphone.

2. Bukalah browser kemudian masukkan alamat situs, gmail.com.

3. Setelah jendela terbuka, maka akan terlihat tampilan dari Gmail yang sangat sederhana, cari dan tekan klik pada tombol “Create Account” dan Anda akan dibawa ke halaman formulir registrasi.

Membuat Email Baru

4. Pada formulir ini, isilah dengan selengkap dan sedetail mungkin, agar tidak terjadi kesalahan.

Isi Persyaratan Membuat Email


  • First Name: Isi nama depan Anda.
  • Last Name: Isi nama belakang Anda.
  • (Jika nama terdiri lebih dari 2 kalimat, maka taruhlah kalimat ke 2-3-4 pada kolom last name).
  • Choose your username: Silahkan buat alamat email yang akan Anda gunakan selamanya atau tidak selama masih dalam dunia blogging. Pada kolom ini memang terlihat sedikit sulit untuk menemukan alamat email yang sesuai dengan apa yang kita inginkan, karena sudah ada banyaknya orang lain yang membuat email dengan menggunakan alamat tersebut. Tapi, jangan kuatir, karena disitu Google mampu menawarkan alamat email yang mungkin Anda sukai.
  • Create a password: buatlah kata sandi untuk email Anda yang sulit ditebak oleh orang lain tetapi mudah diingat oleh Anda sendiri. Tidak direkomendasikan untuk menggunakan password yang mudah ditebak, seperti “12345678”, “qwertyui”, “tanggal lahir”, dan yang lainnya.
  • Confirm your password: Masukkan ulang kata sandi yang ada pada kolom create a password di atas, untuk memastikan Anda tidak salah dalam memasukkan kata sandi serta biasanya digunakan untuk mengkonfirmasi bahwa Anda bukanlah robot yang sedang membuat email.
  • Birthday: Untuk yang satu ini, semua pasti tahu. Silahkan isikan tanggal lahir Anda masing-masing dengan format “Bulan – Hari – Tahun”, contoh “Februari – 29 – 1996”.
  • Gender: Pilih jenis kelamin Anda. Disini sudah disediakan juga jenis kelamin, yaitu male dan female atau laki-laki dan perempuan.
  • Mobile phone: Sebelum memasukkan nomor handphone Anda, pastikan terlebih dahulu bahwa format yang Anda pilih adalah Indonesia, yaitu “+62”.
  • Your current email address: Kolom ini digunakan untuk memberi keamanan yang lebih pada akun Anda, sehingga jika email Anda nanti terkena serangan hacker atau mungkin Anda lupa, maka pengaturan baru akan terkirim alamat email yang Anda isi pada kolom your current email address. Anda dapat gunakan alamat email teman, saudara, atau keluarga yang Anda percayai. Namun, jika memang tidak ada, silahkan dilewati.
  • Location: Isilah sesuai dengan negara tempat Anda tinggal.

5. Jika seluruh kolom pada form tersebut sudah diisi dengan benar, maka tekan klik tombol Next Step.

6. Setelah dinyatakan berhasil, maka alamat email Anda telah berhasil dibuat dan Google-pun akan memberikan ucapan selamat datang kepada Anda. Lewati halaman ini dengan menekan klik tombol Continue to Gmail.

Continue to Gmail

7. Taraaaa, akun email Anda telah berhasil dibuat.

Halaman Depan Email

Barulah setelah Anda memiliki minimal satu akun email, Anda dapat memulai untuk melakukan kegiatan blogging. Jaga dan rawat baik akun email Anda, jangan sampai lupa password atau jatuh ke tangan orang yang berbahaya. Karena, melalui email inilah segala informasi penting akan dikirim dan diterima oleh Anda.

Rendy Andriyanto . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates