Cara Membuat Blog dari Blogspot

Cara Membuat Blog Web Gratis

Cara Membuat Blog Web Gratis - Langkah selanjutnya untuk memaksimalkan akun email, maka sekarang sudah bisa digunakan untuk membuat Blog yang simple, mudah, gratis dan mampu bersaing di Blog-blog besar. 

Kenapa Memilih Blogspot?


Blogspot merupakan salah satu dari sekian banyak layanan gratis untuk membuat sebuah Blog terkenal yang dikembangkan oleh mesin pencari raksasa di dunia, Google. Google menawarkan domain gratis berimbuhan “.blogspot.com” yang dapat digunakan oleh siapapun yang memiliki email Gmail, serta fitur hosting yang dapat dimaksimalkan fungsinya untuk mengunggah tulisan, gambar, video, dan suara tanpa diberi batasan upload.

Adanya fitur-fitur seperti tersebut di ataslah yang menjadikan alasan utama kenapa Saya lebih memilih Blogspot dibandingkan dengan yang lainnya.

Mencari Tema Blog


Tentunya, sebelum membuat blog, alangkah lebih baiknya apabila kita mencari terlebih dahulu tema (niche) yang tepat. Tema yang tepat adalah tema yang sesuai dengan hobi dan minat kita, misalnya Anda adalah seorang programmer, tema blog tentang pembelajaran bahasa pemrograman sangat tepat untuk Anda pilih, atau contoh yang lainnya. Karena, tema blog yang sesuai dengan hobi dan minat kita, maka kita akan semakin mudah dan ringan untuk mencari topik pembahasan artikel yang ingin kita post.

Namun, tidak menutup kemungkinan apabila kita tidak ingin menggunakan hobi dan minat kita untuk dijadikan di dalam sebuah blog. Seperti contohnya, kita ingin menjadi seorang blogger yang khusus membahas tentang perkembangan dunia gadget, seperti smartphone dan laptop.

Setelah yakin, dengan tema (niche) blog tersebut, usahakan jangan pernah melakukan posting artikel yang berada di luar tema, hal tersebut justru akan membuat Blog kita terlihat tidak professional dan tidak konsisten.

Mencari Nama Domain Blog


Domain atau yang lebih sering dikenal alamat unik pada suatu website adalah hal kedua yang harus diperhatikan seseorang sebelum membangun sebuah blog setelah mencari tema (niche).

Usahakan untuk menggunakan domain yang belum pernah dipakai, unik dan familiar. Dengan domain blog sesuai 3 kategori di atas, maka pengunjung akan mudah mengingat blog kita, sehingga ketika pengunjung ingin menelusuri blog Anda lagi, mereka tidak akan dibuat bingung.




Baiklah, berikut ini merupakan tutorial simple, mudah dan gratis untuk cara membuat blog dengan Blogspot:

1. Pastikan device Anda sudah terkoneksi dengan internet, baik laptop, komputer maupun smartphone.

2. Buka browser yang Anda miliki dan masukkan alamat situs, blogger.com.

3. Setelah terbuka, tekan klik pada tombol yang tersedia, yaitu Create Your Blog.

Membuat Blog Gratis

4. Apabila Anda belum masuk ke dalam akun email, maka Anda diharuskan untuk masuk ke dalam akun email Gmail terlebih dahulu.

Masuk Akun Email Gmail

5. Setelah berhasil masuk, untuk akun yang baru pertama kali akan membuat blog, maka Google akan menawarkan, akun yang ingin Anda gunakan untuk melakukan aktivitas Blogging itu adalah akun Google+ atau hanya sekedar akun Blogger.

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, maka gunakanlah akun Google+ (Buat Profile Google+). Karena, dengan menggunakan akun ini, kemungkinan pengunjung Anda semakin banyak. Perlu Anda ketahui, komunitas Blogger lebih banyak menggunakan sosial media Google+, selain karena memang satu penyedia layanan (Google), Google+ juga terhubung dengan akun Blog secara langsung.

Membuat Profile Blogger

6. Meskipun di dalam akun email Anda sudah pernah mengisi formulir data diri, untuk pembuatan akun Google+pun Anda diharuskan memasukkan terlebih dahulu profile singkat mengenai data diri. Data diri tersebut adalah nama, jenis kelamin, dan tanggal lahir.

Mengisi Data Diri

7. Untuk membuat akun Google+ Anda menjadi lebih menarik dan mudah dikenal, maksimalkan fitur profile picture untuk memasang foto wajah atau logo perusahaan Anda.

Mengubah Foto Profil

8. Sampai tahap ini, pembuatan Google+ telah selesai dilakukan. Silahkan tekan klik pada tombol “Lanjutkan ke Blogger”.

Lanjutkan ke Blogger

9. Yups, inilah saatnya untuk memulai pembuatan Blog baru.

Buat Blog Baru

10. Isilah kolom tersebut dengan keterangan sebagai berikut:

Cara Membuat Blog Web Gratis


  • Judul: Judul dari blog Anda, seperti pada blog milik Saya. Judulnya adalah Rendy Andriyanto.
  • Alamat: Isilah kolom alamat dengan domain yang sudah Anda siapkan, contohnya rendyandriyanto.blogspot.com
  • Template: Pilihlah template yang Anda inginkan untuk diterapkan ke dalam blog Anda. Template yang ditawarkan disini memang masih dalam bentuk standar, namun nanti setelah Anda sudah siap dengan blognya, maka Anda dapat merubah template tersebut sesuai dengan keinginan Anda
Cara Membuat Blog dari Blogspot Cara Membuat Blog dari Blogspot Reviewed by Rendy Andriyanto on March 09, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.