Sunday, March 12, 2017

Teknik Menulis Artikel Blog SEO Friendly dan Menarik - Menulis merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh seorang blogger, baik blogger pemula maupun blogger yang sudah expert.

Membuat konten artikel merupakan suatu hal yang cukup mudah untuk dilakukan, karena sejatinya memang manusia sudah diberi ajaran mengenai membaca dan menulis mulai sejak kecil. Namun, ada yang berbeda ketika seseorang sudah mulai menulis pada Blog. Karena, hasil karya tulisan tersebut tidak hanya akan dibaca oleh segelintir orang secara offline, melainkan semua orang yang memiliki koneksi internet serta mengakses blognya.

Bagi yang belum memiliki Blog, Cari tahu caranya: Cara Membuat Blog Web Gratis

Maka dari itulah, ada yang disebut dengan nama SEO (Search Engine Optimization). Menggunakan teknik artikel SEO inilah akan membantu karya artikel dalam blog seseorang dapat nangkring di urutan pertama mesin pencari (terutama Google), dan hasilnya, blog akan dibanjiri dengan berjuta-juta visitor.

Contoh Artikel Page One dan Urutan Pertama Mesin Pencari Google
Contoh Artikel Page One dan Urutan Pertama Mesin Pencari Google
Melihat dari cukup banyaknya orang yang mencari bagaimana dapat menulis artikel blog SEO Friendly inilah, Saya disini ingin membagikan teknik berdasarkan pengalaman yang sering dilakukan oleh admin dalam menulis Blog agar bisa mendapat kategori SEO Friendly serta mampu nangkring di Page One mesin pencari Google.

1. Pahami Topik dan Karakter Pembaca

Artikel Blog Rumit dan Sulit Dipahami
Artikel Blog Rumit dan Sulit Dipahami
Tidak semua blogger memiliki topik artikel blog yang sama. Jadi, segera lakukan pemahaman mengenai topik yang akan dibuat oleh Anda, kemudian bayangkanlah kemungkinan yang akan terjadi bila seseorang sedang ingin membaca artikel Anda.

Beda topik, maka beda cara dan beda pembaca.

Kata lain dari teknik yang pertama ini (Pahami Topik dan Karakter Pembaca) adalah User Experience/Pengalaman Pembaca, dan teknik ini adalah teknik utama yang paling sulit untuk dilakukan manipulasi. Karena, semuanya benar-benar murni muncul dari keinginan seorang pembaca yang masuk ke dalam blog.

Contohnya, pada suatu kondisi, Anda diharuskan untuk mempersingkat tulisan di dalam Blog apabila blog yang Anda miliki adalah blog yang memang dikhusukan untuk membahas spesifikasi dari sebuah gadget. Penempatannya pun dapat di-custom sesuai dengan user experience yang real terjadi pada umumnya. Seperti pada website GSM Arena di bawah ini, terbukti dengan menggunakan tulisan yang singkat serta user experience yang sangat bagus, GSM mampu mendatangkan organic traffic tinggi serta total pengunjung lebih dari 6 milyar (berdasarkan Similar Web).

Artikel dan Trafik GSM Arena
(a) Tampilan Artikel GSM Arena (b) Sumber Trafik GSM Arena Berdasarkan Similar Web
Mungkin bila dengan menggunakan contoh website yang membahas mengenai spesifik gadget saja kurang memuaskan, Anda bisa melakukan analisis calon pengunjung Anda melalui orang kalangan apa yang akan membaca, anak muda? remaja? anak kecil? dewasa? atau bahkan lansia?.

Perbedaan usia tersebut menjadikan hal dasar yang bisa Anda tarik kesimpulan bahwa tidak semua orang yang membuka internet memang sedang benar-benar ingin membaca, "sangat berbeda sekali dengan ketika hendak membaca buku atau koran". Ada banyak contoh kasus, pengunjung masuk ke dalam blog hanya karena ingin membaca intisari dari hasil karya Anda saja.

Kita semua bisa melihat rata-rata usia pengunjung yang masuk ke dalam blog melalui tools yang diberikan oleh Google, yaitu Google Analytics.

Analisis Usia Pengunjung Blog di Google Analytics
Analisis Usia Pengunjung Blog di Google Analytics

2. Letakan Kata Kunci pada Awal Judul Artikel

Letakan Keyword pada Awal Judul Artikel
Letakan Keyword pada Awal Judul Artikel
Meletakan kata kunci atau topik utama yang akan dibahas menjadi sangat penting, karena Google akan melakukan perayapan (crawl) terhadap artikel blog kita pertama kali adalah pada judulnya. Jika Anda tidak menempatkan kata kunci pada judul, maka sama halnya Anda sedang membiarkan Google bingung dengan topik utama yang sedang dibahas di dalam artikel blog Anda. Teknik ini juga merupakan salah satu faktor utama untuk memenangkan SERP (Search Engine Result Page).

Namun, tidak ada salahnya apabila kata kunci artikel Anda tidak diletakan pada awal judul. Justru akan sangat terlihat aneh apabila Anda memaksakan kata kunci di awal judul jika memang kombinasinya tidak cocok.

Jangan pernah hanya karena SEO, judul artikel Anda malah menjadi terlihat sangat aneh.

3. Gunakan Judul yang Menarik Perhatian


Sebelum calon pengunjung masuk ke dalam blog seseorang, hal pertama yang akan terlihat adalah judul. Kata kunci pada judul akan menjadi sangat powerfull apabila dikombinasikan dengan kata-kata yang sangat menarik untuk diklik. Jika dilihat, sekarang ini banyak sekali blog-blog lokal yang memulai menggunakan teknik yang ketiga ini, karena dirasa teknik inilah yang menjadi senjata utama dalam menarik perhatian pengunjung.

1 juta orang yang sedang mencari artikel, ada 8 juta yang akan tertarik dengan judulnya, sisanya 2 juta adalah tertarik dengan isi dari artikelnya. Potensi dari judul artikel memang sangat besar. Tak jarang, banyak sekali yang gencar melakukan riset kata kunci demi menemukan judul yang sangat menarik.

Judul Artikel yang Menarik Perhatian
Judul Artikel yang Menarik Perhatian
Dengan melihat beberapa contoh judul diatas dengan menggunakan kata kunci "Cara Sablon Kaos", Anda akan lebih tertarik terhadap judul yang mana? Saya pribadi akan lebih tertarik ke judul "Tutorial Lengkap Cara Membuat Sablon Kaos Distro Manual".

Sudah sangat jelas, Saya tertarik, karena pembahasan yang saya kira di dalam blog tersebut akan sangat lengkap.

Ingat, meskipun Anda berada pada halaman pertama SERP (mesin pencari) dan bukan berada pada urutan kesatu. Apabila judul Anda lebih menarik daripada yang berada pada urutan satu, tidak menutup kemungkinan calon pengunjung akan lebih tertarik masuk ke dalam blog Anda.

4. Perbanyak Jumlah Kata dan Perdalam Informasi

Artikel SEO Panjang dan Lengkap
Artikel SEO Panjang dan Lengkap
Fenomena banyaknya jumlah kata dalam setiap artikel blog memang masih dalam perbincangan para blogger. Ada banyak yang menganjurkan untuk menulis artikel di dalam blog minimal dengan jumlah kata 300, 400, 500, bahkan sampai minimal 1000 kata.

Bagi Saya pribadi, minimal jumlah kata di dalam setiap artikel blog adalah mendekati 300 kata atau lebih. Karena dengan menggunakan jumlah segini, Saya merasa informasi yang akan disampaikan di dalam artikel sudah cukup dalam.

Melalui aplikasi Microsoft Word, kita bisa mengetahui jumlah kata yang sudah kita tulis.

Namun, tentunya jika jumlah kata di dalam setiap artikel blog semakin banyak dan panjang juga akan menjadi nilai plus untuk Google menelusuri. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya jumlah kata, maka semakin dalam informasi pembahasan dalam setiap artikel sehingga pengunjung akan semakin merasa puas dengan apa yang Anda utarakan di dalam artikel tersebut.

Kembali lagi ke dalam topik pembahasan pertama, semuanya berawal dari user experience. Jika Anda menulis dengan banyak jumlah kata namun isinya adalah tulisan artikel yang acak adul, tidak beraturan dan tidak memiliki makna, contohnya pembukaan yang terlalu panjang dan tidak penting, maka itu juga tidak baik untuk SEO di dalam artikel tersebut.

Bisa kita tiru dalam setiap artikel postingan dari media digital yang sudah terkenal, seperti Kompas, Okezone, Detik. Mereka menggunakan jumlah kata minimal 300 dengan isi yang sangat padat, lengkap dan sangat bermanfaat. Maka tak jarang, mereka selalu memenangkan posisi di dalam SERP.

Menggunakan kata kunci "Pevita Diserang Netizen", maka kita akan menemukan Media Jabar berada pada posisi pertama Google dengan jumlah 275 kata.

Pevita Diserang Netizen di Media Jabar
Pevita Diserang Netizen di Media Jabar

5. Gunakan Tag Heading (H1, H2, H3) dengan Baik


Bagi yang mengetahui struktur kode HTML, tag heading mungkin tidak akan asing. Tapi, bagaimana jika yang belum mengerti kode HTML? Anda bisa gunakan fitur yang terdapat pada blogspot.

Tag Heading pada Blogspot
Tag Heading pada Blogspot
Mengapa kita harus menggunakan Tag Heading?

Selain karena dapat mempermudah intisari yang harus dirayapi oleh mesin pencari Google. Menggunakan tag heading juga akan membantu pengunjung blog Anda mengetahui judul beserta sub-sub judul yang tersedia di dalam satu artikel blog Anda.

Yang perlu Anda ketahui, membaca blog tidak sama dengan membaca buku yang harus dibaca keseluruhannya. Banyak pengunjung blog ingin mengetahui secara langsung inti dari apa yang ada di dalam artikel.

6. Manfaatkan Gambar di Dalam Satu Artikel


Pengunjung akan lebih tertarik kepada artikel blog Anda, jika di dalamnya disediakan beberapa gambar yang memperjelas penjelasan.

Akan tetapi, tidak hanya serta merta menaburkan gambar saja. Ada beberapa element yang harus dipahami, yaitu:

  • Nama File (Sebelum melakukan proses unggah ke dalam blog, sebaiknya rename dulu nama gambarnya agar lebih relevan)
  • Nama Gambar (terdapat setelah di dalam blog)
  • ALT Gambar (terdapat setelah di dalam blog)
  • Caption (terdapat setelah di dalam blog)
Title dan Alt Image
Title dan Alt Image
Hal tersebut perlu Anda lakukan untuk membantu blog Anda dapat memenangkan persaingan di dalam mesin pencari. Jika Anda tahu, ada yang bernama SEO Vertical. SEO Vertical tersebut isinya bukan hanya tentang tulisan, melainkan gambar, video, berita, dan lain-lain.

Jika Anda melakukan searching di mesin pencari Google, maka disitu akan terdapat beberapa tab:
  • Semua
  • Gambar
  • Berita
  • Video
  • Maps
  • Lainnya
Setidaknya, Anda bisa menang dalam salah satu tab tersebut.

7. Gunakan Kata Kunci LSI (LSI Keywords)


LSI (Latent Semantic Indexing) Keywords merupakan salah satu cara agar Anda dapat memperkaya kata kunci dalam satu artikel blog.

Tanpa menggunaan tools apapun, Anda dapat menggunakan fitur pencarian Google.

LSI Keywords
LSI Keywords - Hotel di Purwokerto
Contohnya, carilah "Hotel di Purwokerto" di dalam mesin pencari Google, kemudian scroll layar Anda sampai menuju paling bawah, tepatnya berada di atas penomoran Google. Disitu terdapat tulisan "Penelusuran yang terkait dengan hotel di purwokerto" dengan berbagai isi. Menggunakan isi-isi tersebutlah, Anda dapat memperkaya kata kunci (keyword) di dalam artikel. Sehingga, informasi yang Anda sampaikan lebih lengkap.

8. Optimalkan Meta Description


Meta description merupakan salah satu fitur yang sangat penting di dalam blog. Pada blogspot, fitur meta description dapat Anda aktifkan melalu pengaturan prefensi penelusuran.

Setting >> Prefensi penelusuran >> Aktfikan meta deskripsi? Ya >> Lakukan pengisian >> Simpan

Aktifkan Meta Description
Aktifkan Meta Description
Kemudian, setelah Anda mengaktifkan fitur meta description tersebut ke dalam blog Anda, maka setiap kali Anda membuat artikel baru, Anda WAJIB mengisi kolom Search Desciprtion pada Post Setting.

Mengisi Search Description
Mengisi Search Description
Kenapa dengan meta description?

Dengan menggunakan meta description, maka segala macam kata kunci yang berada di dalam meta description tersebut akan muncul di dalam mesin pencari Google.

Istilah tersebut lebih dikenal dengan snippet.

Untuk blog atau web yang sudah besar. Snippet tersebut sudah muncul di mesin pencari.

Contoh Snippet di Dalam Meta Description
Contoh Snippet di Dalam Meta Description
Gimana?
Mau ngga blog Anda terlihat profesional seperti di Jalan Tikus itu? Yuk, segera optimalkan meta description Anda.

9. Gunakan Permalink yang Mengandung Kata Kunci


Sudah tidak perlu panjang lagi mengapa permalink perlu Anda atur agar mengandung kata kunci.

Yang perlu Anda ketahui adalah cara mengaturnya.

Mengatur Permalink
Mengatur Permalink
Permalink di dalam Blogspot, biasanya dengan menggunakan format:
namablog.domain/tahun/bulan/judul-judul-judul.html
Gunakanlah permalink singkat dan mengandung kata kunci bila Anda ingin lebih SEO Friendly.

10. Masukkan Internal Link


Alur Internal Link
Alur Internal Link
SEO Artikel Anda akan semakin kuat apabila disisipkan internal link yang dapat membantu memperkuat artikelnya.

Tidak ada jumlah pasti berapa Link yang harus Anda sisipkan di dalam satu artikel blog. Karena semuanya tergantung dari user experience dan kebijakan Google.

Jika kita kilas balik beberapa website yang sudah menjamur di mesin pencari, kita akan melihat raksasa Wikipedia yang selalu berada pada posisi pertama. Masuklah ke dalam isi artikel Wikipedia tersebut, lihatlah ada berapa internal linking yang terjadi di sana.

Bermain dengan internal link, maka Anda akan mengenal dengan link juice. Link Juice merupakan kondisi dimana halaman yang tidak memiliki ranking dan backlink yang cukup kuat, terbantu dengan adanya internal link halaman yang memiliki ranking. Sehingga, halaman yang tadinya hanya memiliki ranking 30% di mata Google, akan naik sesuai dengan isi yang ada di dalam internal link tersebut.

11. Perhatikan Ejaan


Memperhatikan ejaan dalam setiap kata per kata yang sudah kita tulis di dalam artikel blog merupakan salah satu hal yang sangat penting. Karena, kembali lagi pada topik pembasaha yang pertama, semuanya berawal dari user ecperience, apabila dalam satu artikel Anda mempunyai banyak sekali ejaan kata yang salah, maka jangan harap blog Anda mampu nangkring di halaman pertama Google.

Karena, kata kunci yang calon pengunjung Anda cari saja sudah berbeda dengan kata kunci Anda hanya karena ejaanya saja yang salah.

Gimana Menurut Anda?

Tertarik untuk mencoba memulai penulisan artikel blog SEO dengan 11 teknik menulis artikel SEO di atas? Silahkan gunakan dan kabarkan hasilnya.

Jika Anda kesalahan atau kekurangan, sebaiknya komentarlah di kolom komentar, maka Saya akan secepatnya melakukan cross check dan update posting agar mendapatkan hasil yang terbaik.

2 comments

Terimakasih informasin artikel blog seo friendlynya
semoga selalu bermanfaat

REPLY

Terimakasih atas ucapan dan doanya

REPLY

Rendy Andriyanto . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates