Wednesday, February 8, 2017

Sejuknya Pantai Balean, Kabupaten Banggai - Kota kecil di Sulawesi Tengah, inilah Luwung. Luwung menjadi pusat perekonomian dari Kabupaten Banggai. Teluk Lalong yang merupakan gerbang utama dari Luwung telah menjadi magnet bagi kapal-kapal pengangkut yang bersandar untuk mengangkut para penumpang dan barang-barang logistik. Dijuluki sebagai kota pelabuhan, membuat luwuk dihuni oleh banyak etnis dan suku yang menunjukan keragaman yang damai. Oleh karena itu, budaya yang dimiliki oleh suku-suku asli seperti Balantak, Banggai dan Saluwan telah berbaur dengan kebudayaan yang datang dan menghasilkan jenis budaya dalam bidang kuliner, kue bahkan dari segi pariwisata.

Kabupaten Banggai memiliki berbagai keindahan alam yang menawan, baik dari sisi pantai atau kesegaran air terjunnya. Potensi wisata alam inilah yang menjadi daya tarik wisatawan yang ingin berkunjung.

Pantai Balean


Pantai Balean

Jika Anda ingin menikmati pantai serasa milik sendiri, pastikan Anda ke arah Wedikan, Luwuk Timur, tepatnya di desa Wedikan Kecamatan Luwuk Timur. Desa ini dapat ditempuh dengan kendaraan umum sekitar satu jam atau sekitar 10Km dari ibukota kecamatan Luwuk. Disini terdapat pulau Balean yang terkenal karena memiliki pantai yang indah.

Mulai perjalanan dari kampung nelayan Wedikan dengan menggunakan perahu butuh waktu sekitar 15 menit untuk sampai di Pantai Balean. Selama perjalanan, kita akan disuguhkan tenangnya laut dan pohon kelapa yang menghiasi pulau Balean.

Berada di Pantai Balean, banyak aktivitas yang dapat kita lakukan, salah satunya adalah mendirikan tenda untuk tempat istirahat. Maka, tak jarang lokasi ini dijadikan sebagai lokasi camping yang sangat seru. Biasanya saat malam minggu atau hari libur. Setelah tenda terpasang, kita bisa menikmati indahnya alam dan bergembira bersama para sahabat, keluarga, dan kekasih.

Meski garis pantainya sedikit, namun pantai ini cukup rindang dan airnya tenang membuat kita nyaman untuk berlama-lama bermain air di pantai ini. Pantai Balean termasuk pantai yang dangkal dengan ekosistem lamur yang berada di kisaran pantai. Hal ini menyebabkan warnanya terlihat hijau toska. Selain itu, Pantai Balean dikelilingi gugusan pulau kecil dengan ekosistem mangrove sebagai kelompok utamanya.

Jejeran pohon kelapa yang ada seperti sedang menjaga pantai ini agar tetap rindang dan sejuk. Jika Anda berkunjung ke Pantai Balean ini, diharapkan untuk tetap menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan karena akan dapat merusak ekosistem alam yang berada di Pantai Balean.

Rendy Andriyanto . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates