Sunday, February 5, 2017

Benteng Duurstede

Benteng Durstede, Maluku - Benteng Durstede bukan sekedar benteng biasa, namun sebagai sebuah pengingat bagi kita semua untuk menjaga Indonesia hingga tumpah darah. Benteng Durstede merupakan salah satu obyek wisata di Pulau Saparua yang tidak boleh untuk dilewatkan dan dilupakan. Benteng Durstede ini adalah salah satu tempat yang pernah dihuni oleh bangsa Eropa pada saat masa penjajahan. Benteng Durstede terletak di Desa Saparua Kecamatan Saparua kabupaten Maluku tengah Provinsi Maluku secara geografis terletak di antara 03’34’’31,3 ⁰LS dan 128’ 39’’ 31,8⁰ BT.

Benteng Durstede dibangun pertama kali oleh Portugis tahun 1676 yang fungsinya digunakan sebagai benteng pertahanan serta pusat pemerintahan VOC selama menguasai Saparua. Pada tahun 1817, Benteng Durstede diserbu oleh rakyat Saparua dibawah pimpinan Kapitan Pattimura. Seluruh penghuni benteng tewas, kecuali putra resident bernama Juan Van Den Berg.

Sebelum masuk ke dalam Benteng Durstede, nampak dengan jelas pada bagian depan Benteng Durstede kita akan melihat satu sumur masih ada di sana. Konon, sumur ini disebut dengan sumur maut dikarenakan ada beberapa serdadu Belanda kala itu yang akan mengambil air di dalam sumur tewas dicegat oleh sekelompok pasukan dari Kapitan Pattimura.

Benteng Duurstede

Menaiki sejumlah anak tangga, terlihat bangunan berbentuk klasik gaya Eropa mendominasi benteng ini. Bagian dalam benteng cukup luas, berjalan menyusuri bagian inti bangunan benteng, akan sedikit terbayang betapa sulitnya pahlawan kita untuk bisa melumpuhkan para penjajah di Benteng Durstede. Disana terdapat menara penyerangan yang digunakan bagi para tentara VOC untuk mengawasi 3 wilayah sekaligus di Pulau Saparua, yaitu lautan, daratan dan perbukitan.

Memang sungguh sangat indah Indonesia kita ini, sudah sepatutnya kita untuk berbangga menjadi bangsa Indonesia di tengah hiruk pikuknya keributan masalah politik. Yang tak kalah pentingnya lagi, bila Anda berkunjung ke sana, kita akan melihat pantai yang terbentang sangat luas, yaitu Pantai Kulur. Ayo buruan berkunjung ke salah satu wisata yang satu ini, eitsss tapi jangan lupa untuk tetap melestarikan kebersihan yang ada di sana yah. Sampai jumpa

Rendy Andriyanto . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates