Saturday, February 4, 2017

3 Fakta Unik Tentang Imlek Tahun Ayam 2017 - Tahun baru imlek dimeriahkan dengan acara yang beragam, seperti tradisi reuni keluarga, bagi-bagi angpao hingga kemeriahan tarian barongsai yang akan digencarkan di jalan-jalan di seluruh dunia dalam memasuki tahun ayam kemarin. Di Tiongkok sendiri, adat dan tradisi yang berkaitan dengan tahun baru imlek sangat beragam. Bagi orang yang bukan keturunan Tionghoa, perayaan tahun baru Imlek mungkin hanya dianggap sebagai perayaan yang cukup atau sangat menyenangkan untuk dimeriahkan bersama teman, kerabat, keluarga, serta pasangan. Namun, jika kita ketahui, ada beberapa fakta unik serta menarik mengenai tahun baru Imlek.
Fakta Unik Tahun Baru Imlek
Fakta Unik Tahun Baru Imlek, Sumber Foto: bintang.com

Jasa Sewa Pacar


Logo Hire Me Plz
Logo Hire Me Plz

Ribuan rakyat Tiongkok yang akan merayakan Imlek sebagian besar akan memilih untuk mudik/pulang ke kampung halaman untuk menghabiskan waktu bersama keluarga hingga muncul trend baru yang sangat populer di tahun ini, trend tersebut adalah aplikasi sewa pacar.

Diketahui, terdapat peningkatan yang cukup signifikan pengguna aplikasi sewa pacar gadungan di negeri tirai bambu tersebut. Aplikasi ini menjadi alternatif bagi para jomblo agar tak merasa kesepian menjelang perayaan tahun baru Imlek. Kini aplikasi bernama "Hire Me Plz" mengalami peningkatan 1000 kali lipat. Harga dari masing-masing jasa sewa pacar tersebutpun terbilang cukup fantastis, sekitar 5 sampai 20 juta dalam satu hari.

Selama menyewa, pengguna dapat pacar sewaan untuk bermain sesuka hati, misalnya main game, makan malam, mengobrol hingga memijatkan badan kita. Menurut pendiri Hire Me Plz, kini jumlah pengguna yang telah mendaftar. Aplikasi ini sendiri mematok target pengguna pekerja muda yang kesepian saat bekerja di perkotaan. Meski sering dituding sebagai prostitusi terselubung, namun tak ada larangan berbisnis seperti macam ini di Tiongkok.

Bukan Tahun Baru (Khusus Orang Etnik Tiongkok)


Tahun Ayam 2017
Tahun Ayam 2017, Sumber Foto: style.tribunnews.com

Di Tiongkok perayaan seperti ini memang dikenal sebagai festival musim semi atau tahun baru Imlek, yakni tahun baru ditentukan oleh perhitungan kalender bulan. Namun, perayaan ini ternyata tidak hanya dilakukan oleh warga tiongkok semata, karena dari akhir Januari hingga pertengahan Februari warga Korea, Vietnam, Jepang dan negara-negara lain pun turut merayakan tahun baru Imlek yang lebih dikenal dengan sebutan Festival Musim Semi. Tahun baru Imlek ini dianggap sebagai hari libur besar bagi warga keturunan Tionghoa dan memiliki pengaruh terhadap perayaan tahun baru di negara tetangga geografis dengan Tiongkok termasuk Mongolia, dan Nepal, di Cina daratan, Hongkong, Taiwan, Siangapura, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand dan negara-negara lain atau daerah dengan populasi Suku Han yang cukup signifikan tahun baru Imlek juga dirayakan, bahkan perayaan ini menjadi bagian dari perayaan budaya tradisional negara-negara tersebut.

Identik dengan Kegiatan Takhayul


Identik dengan Kegiatan Takhayul
Identik dengan Kegiatan Takhayul, Sumber Foto: tahupedia.com

Selama perayaan tahun baru Imlek, bagi mereka yang merayakan, mereka tidak akan mencuci pakaian kotor, bersih-bersih di tempat tinggal. Lalu, mereka juga tidak boleh mengeluarkan sampah. Bagi mereka jika melakukan itu semua, maka mereka dikatakan seperti membasuh keberuntungan dan kemakmuran. Mereka hanya akan berkumpul dengan keluarga, terutama mertua pada hari kedua dan dianggap sebagai permulaan tahun. Pada hari ini ketiga, mereka akan mengunjungi teman dan keluarga dan pada hari ketujuh adalah waktunya untuk berpesta layaknya perayaan pesta ulang tahun.

Rendy Andriyanto . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates