Akibat Jika Tidak Memakai Kaos Kaki

Akibat Jika Tidak Memakai Kaos Kaki - Sepatu merupakan salah satu busana yang dipakai oleh manusia sebagai alas kaki. Lazimnya, seseorang yang mengenakan sepatu, maka dianjurkan juga untuk memakai kaos kaki agar kulit kaki tidak bersentuhan langsung dengan sepatu yang mayoritas memiliki bahan kulit yang kasar. Namun, sekarang ini, banyak sekali orang yang sudah enggan dan malas untuk menggunakan kaos kaki, tanpa mengetahui dampak dan bahaya dari melakukan tindakan itu sendiri.

Kaos kaki memiliki beberapa manfaat penting untuk kesehatan dari kaki kita, terutama untuk menghindari kontak langsung antara kaki dengan sepatu, dimana sepatu itu sendiri merupakan salah satu busana yang paling banyak dihinggapi oleh kuman dan bakteri. Berikut ini sudah Saya rangkum menjadi 2 point penting akibat dari tidak menggunakan kaos kaki.

1. Kaki Berlubang


Kaki Berlubang
[source: pittedkeratolysis]

Dalam bahasa jawa, kaki berlubang disebut dengan "Brebeken". Kaki berlubang ini disebabkan oleh terlalu seringnya seseorang mengenakan sepatu tanpa kaos kaki. Sehingga keringat yang keluar dari dalam kaki langsung meresap ke dalam sepatu dan menimbulkan banyak sekali bakteri dan kuman yang dapat berkembang secara cepat. Penumpukan bakteri tersebutlah yang akan mulai menggerogoti kaki seseorang sampai timbul bercak-bercak lubang berwarna hitam.

Apoteker Omar El-Gohary menjelaskan, "Memakai kaus kaki dapat membantu menyerap keringat dan menjaga kaki tetap kering."

Kaki bersepatu yang sehat adalah kaki yang tetap terjaga agar tetap kering. Maka dari itu, mulailah untuk membiasakan diri untuk tetap menggunakan kaos kaki dalam keadaan bersepatu.

2. Cap Sepatu di Kulit Kaki


Cap Sepatu di Kulit Kaki

Ini merupakan pengalaman pribadi Saya sendiri, seminggu sebelum tulisan ini dimuat, Saya membeli sepatu bermerk Conv*rse. Karena memang terbiasa menggunakan sepatu yang tak bertali, maka waktu yang Saya gunakan untuk menggunakan sepatu sangatlah singkat. Namun, berbeda ketika Saya sudah memiliki sepatu bertali. Saya harus menggunakan kaos kaki terlebih dahulu kemudian mengikat sepatu tersebut di kaki.

Hal tersebut membuat Saya sedikit risih, hingga suatu ketika, Saya harus bergegas berangkat kuliah, kaos kaki yang sudah ada di tangan, Saya simpan lagi di atas rak sepatu. Akibat dari sebab tersebut, Saya mendapati kaki Saya sudah mengecap seperti lubang tali sepatu dan itu rasanya sangat sakit.

Oleh sebab itulah, mari kita jaga kesehatan kaki kita agar tetap terhindar dari penyakit-penyakit yang bisa mengancam kesehatan kaki. Meskipun tidak mengenakan kaos kaki tidak akan membuat kaki kita lumpuh, Yuk Share artikel ini, agar teman-teman kita juga paham dengan Akibat Jika Tidak Memakai Kaos Kaki.
Akibat Jika Tidak Memakai Kaos Kaki Akibat Jika Tidak Memakai Kaos Kaki Reviewed by Rendy Andriyanto on January 14, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.