Kampung Kurcaci Purbalingga, Desa Wisata Sragen



Kampung Kurcaci Purbalingga, Desa Wisata Sragen - Menurut kamus besar bahasa Indonesia, kurcaci merupakan orang halus yang sering mengganggu yang memiliki bentuk tubuh yang kecil-kecil. Dalam dunia games, kurcaci sering kali mengenakan baju berwarna-warni serta topi ulang tahun berbentuk kerucut, dan yang menjadi ciri khasnya juga adalah jenggot putih panjangnya. Baru-baru ini desa wisata Sragen, Purbalingga memiliki destinasi wisata baru yang menyuguhkan kampung bernuansa hutan dan memiliki satu karakter kurcaci berpakaian layaknya kurcaci sebenarnya, meskipun di kampung kurcaci tersebut yang menjadi kurcaci adalah masih orang yang tidak kerdil tapi setidaknya kurcaci tersebut sudah mengenakan kostum layaknya kurcaci sebenarnya. Di dalam wisata kampung kurcaci tersebut, kita juga dapat menemukan rumah kurcaci dan pohon-pohon yang biasa digunakan kurcaci untuk bertiduran menggunakan kain.


Menurut orang setempat (Sragen) terbentuknya kampung kurcaci adalah dimulainya dari remaja Sragen yang membuat sekolah alam, yang didalamnya ada rumah kecil, sehingga terpikirkan oleh mereka untuk membuat kampung kurcaci dan dijadikan sebagai tempat wisata. Sampai saat ini, jika kita berkunjung ke kampung kurcaci, maka kita akan menemukan spot untuk camping dan berfoto-foto bersama kurcaci, rumah kurcaci, rumah pohon dan bergantungan di pohon.


Letak kampung kurcaci adalah ada di bawah kaki Gunung Slamet dengan ketinggian 3.428 mdpl. Dari Purwokerto kota untuk menuju kampung kurcaci Anda harus berjalan dengan menggunakan sepeda motor selama 2 jam perjalanan. Dari jalan utama pintu masuk, kita hanya perlu masuk ke gang kecil sejauh kurang lebih 500 meter. Luas dari wisata kampung kurcaci sendiri sekitar 3,5 hektar dengan sekelilingnya hutan damar besar-besar dan sudah berumur puluhan tahun.


Filosofi yang ditawarkan dari pengurus kampung kurcaci adalah bahwasannya kita manusia adalah makhluk yang lebih kecil dari alam dan tidak boleh sombong. Itulah mengapa kampung tersebut dinamakan kampung kurcaci, meskipun orang-orang pengurus dan penghuninya tidak berbadan kerdil.


Jadi, mau kapan Anda ke kampung kurcaci? Selain wisata yang seru dan sejuk, biaya untuk masuk ke dalam kampung kurcaci hanya 5ribu rupiah per orang dan biaya parkir untuk satu kendaraan motor roda dua adalah 2ribu rupiah.

Kampung Kurcaci Purbalingga, Desa Wisata Sragen Kampung Kurcaci Purbalingga, Desa Wisata Sragen Reviewed by Rendy Andriyanto on September 07, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.