Nyaman Memakai Bootstrap Blog

Bootstrap. Ya, itulah fitur yang Saya gunakan untuk mendesain hampir dari 90% dari Blog ini. Mulai dari, background, image, position, navigation, bahkan kolom komentarpun menggunakan fitur yang diberikan oleh Bootstrap.

Dengan menggunakan Bootstrap ini, Saya lebih dimudahkan dalam peletakan posisi keseluruhan kolom, dikarenakan bootstrap dapat membagi satu layar penuh menjadi beberapa kolom hanya menggunakan klas-klas yang sudah disediakan oleh pihak Bootstrap untuk memudahkan para penggunannya, seperti apa yang Saya lakukan terhadap Blog ini.

tampilan Blog Saya di versi mobile

Dibandingkan dengan menggunakan html dan css biasa, bootstrap ini akan secara otomatis menjadi desain yang sudah responsive, sehingga memudahkan pengunjung  Blog Saya untuk membaca Blog ini dari dekstop, mobile, tablet, smartphone dengan berbagai ukuran. Nah, sedangkan jika tidak menggunakan Bootstrap, Saya dituntut untuk membuat css responsive ke dalam Blog Saya, biasanya diletakkan di atas kode </b:skin> di dalam template Blog. Ya, jika dirasa-rasa, memang pengguna Bootstrap terlalu dimanjakan, tanpa menggunakan script-script kode yang ribet, desain template sudah langsung responsive. Tapi, Saya berpikir bahwa justru dengan menggunakan fitur dari Bootstrap secara penuh merupakan cara cerdik, bukan bodoh.

Tapi jangan berprasangka buruk dengan si Bootstrap ini, karena setiap file-file Bootstrap tersebut, bisa kita buka satu persatu kemudian kita bisa melihat kode script semua yang digunakan oleh Bootstrap, tapi tentunya harus mendapatkan filenya terlebih dahulu di getbootstrap.com. Tapi, saran Saya jangan pernah deh ngeliat apalagi ngerubah script kodenya Bootstrap, dijamin pusing dah.

Saran Saya, yang bener-bener pengin belajat html dan css, jangan gunakan Bootstrap dahulu. Gunakan html dan css biasa aja dulu. Saya juga dulu pernah menggunakan html dan css biasa, tujuannya untuk mengetahui unsur-unsur apa saja yang ada di dalam html dan css, seperti tag, class, id, div, nav, atau yang lainnya. Jadi nantinya, Anda akan lebih mudah pula dalam penggunaan Bootstrap, karena Anda sudah memiliki kompetensi-kompetensi dasar dalam hal penggunaan antara html dan css, dan akan lebih merasakan kenyamanan dalam penggunaan Bootstrap.
Nyaman Memakai Bootstrap Blog Nyaman Memakai Bootstrap Blog Reviewed by Rendy Andriyanto on September 06, 2015 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.