Sunday, September 6, 2015

Sejak pertama kali kuliah kemaren, itulah hari pertama dimana Saya memulai untuk menulis seluruh apa yang Saya ketahui melalui media Blogspot. Mulai dari, diary, tips, trik, sejarah, ataupun yang lainnya. Semua itu Saya tulis dengan penuh rasa ikhlas dari hati tanpa mengharap imbalan apapun.

Tapi, semua berubah, ketika Google Adsense memperdayai pikiran dan otak Saya yang labil. Hari-hariku penuh diselimuti dengan karya-karya tulisan hasil kopi paste dengan hanya bermodalkan mengganti kata-katanya saja. Semua itu Saya lakukan hanya demi berharap meraih klik iklan besar dari Adsense.

rendy andriyanto

Sehari, menulis artikel bisa lebih dari 10, bahkan 20 pun pernah Saya tulis dengan cepat. Menunggu sumber membuat tulisan baru, mengkopi tulisan baru dari sumber, mengubah gaya bahasa, bahkan tak jarang juga Saya men-share artikel tersebut ke dalam berbagai media sosial. Hasilnya memang banyak yang menyukai, banyak yang berkomentar, banyak juga yang tidak menganggap apa-apa, ya karena memang mereka lebih pintar dari Saya, dan karena mereka sudah mengetahui bahwa tulisan Saya tersebut hanyalah hasil plagiat dari berbagai sumber yang Saya sebut terpercaya dan akurat.

Melewati sore dengan meniru tulisan orang lain, melewati malam hari dengan kebiasaan meniru tulisan orang lain, baru tertidur ketika jarum pendek jam dinding sudah menunjukkan angka 3 dan jarum panjang menunjukkan angka 12. Terasa membosankan, terasa tidak menyehatkan, satu hari full mempublish artikel hasil tiruan orang lain tanpa tidur, begadang setiap hari, minum kopi sambil menyeruput asap dari gabus  rokok.

Bentuk kerinduan menulis dengan hati itu pun Saya tunjukkan dengan membuat Blog ini dengan visi misi hanya satu, yaitu konsisten. Konsisten membuat artikel sendiri, sepanjang hari minimal satu artikel dalam satu hari tanpa mengutip dari berbagai media yang lainnya. Konsisten dengan apa yang sudah Saya kategorikan di dalam Blog ini. Konsisten untuk terus berkarya, membuat sebuah tulisan-tulisan ringan yang enak dibaca tanpa memikirkan hasil dari apa yang sudah Saya lakukan, tanpa terlalu memikirkan trafik yang tinggi. Karena Saya percaya, dengan berkarya maka Saya akan dikenal oleh orang lain, dan Saya percaya, bahwa tulisan yang seperti ini tidak akan pernah basi sampai kapanpun.

Rendy Andriyanto . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates